Pages

Konten

Rabu, 08 Juni 2011

TSS (Throttle Switch System) Karisma

Honda Karisma merupakan tipe bebek pertama yang dikeluarkan Honda berkapasitas 125cc di Indonesia. Motor ini merupakan penyempurnaan dari seri bebek terdahulunya yaitu Honda Supra yg berkapasitas 100cc. Sebagai motor penerus Honda Supra tentunya motor ini dilengkapi berbagai kelebihan yang tidak terdapat pada Supra salah satunya kapasitas ruang bakar yang lebih besar yaitu 125cc. Walaupun berkapasitas besar tapi motor ini diklaim lebih irit sekitar 30% dari produk terdahulunya. hal ini tidak lepas dari peran TSS (throttle switch system) yg melekat pada karburator karisma.alat ini berfungsi mengirimkan sinyal kepada CDI saat putaran atas yg nantinya akan memajukan derajat pengapian yg semula 27 derajat menjadi 37 derajat.hal tersebut berdampak tarikan menjadi lebih responsif dan bahan bakar akan menjadi lebih irit karena keperluan ruang bakar akan bahan bakar menjadi efektif. Jangan melepas komponen TSS atau rumah switch sensor jika tidak karena terpaksa dan jangan sekali-kali membuka 3 baut bintang ukuran 4-mm. Selain kunci peralatannya agak sulit didapat, kalau posisi pasang tombol bergeser jelas akan merepotkan saat memberi sinyal ke CDI.
apabila TSS dilepas, maka akan berakibat timing pengapian balik menjadi single step dan efeknya konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.

12 komentar:

  1. bagai mana cara supaya bensin irit kembali?
    saya punya honda karisma thn2005.
    namun menjadi boros karna TSSnya saya lepas,gimana ngatasinnya toee?

    BalasHapus
  2. karbu kharisma diaplikasikan ke motor lain untuk modif, semntara tps tidak dipasang apakah akan berpengaruh terhadap konsumsi bbm dan tenaga?

    BalasHapus
  3. jika dipasang di motor lain sama saja dengan karbu biasa,kemampuannya menjadi karbu biasa (tanpa TPS), karena TPS bekerja dari sinyal yang dikirim oleh CDI.

    BalasHapus
  4. Karburator karisma saya sering banjir,padahal karbu kitnya baru!! Bagaimana cara mengatasinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ganti jarum pelampung nya, klo lubang yang kecil pilih yg tajam klo lebar pilih yg tumpul

      Hapus
    2. Ganti jarum pelampung nya, klo lubang yang kecil pilih yg tajam klo lebar pilih yg tumpul

      Hapus
  5. mau tanya om, klo kabel yg ke TSS di sambung langsung drjt jd 37 dong om

    BalasHapus
  6. mass saya numpang nanya kenapa ya saat saya bongkar terus pasang TSS pada motor supra x125 saat di putaan atas tenaganya putus-putus
    mohon penjelasannya terimakasih

    BalasHapus
  7. karisma saya kabel yg nempel pada TSS putus,apakah pada bengkel biasa menjual TSS trsebut?

    BalasHapus
  8. Punya saya juga putus kabelnya, caranya bekas saklar yg putus itu dikerok2/congkel dengan cutter, supaya terlihat terminal/bekas kabel yg putus tss, kemudian kalo sudah kelihatan di kerok lapisan terminal/kabel sisa yg masih nempel tsb supaya bisa di solder, kemudian beri timah dan solder 2 titik tsb, baru kita solder sambungkan dengan kabel aslinya, di buang dikit sisanya supaya bersih dan mudah di solder, beri timah dahulu di ujung masing2 kabel tsb, baru digabungkan disolder dengan solder, pastikan koneksi sudah bagus, hubungkan dengan multi meter, dan tekan2 switch dari dalam skep, switch harus bisa ON/OFF, kalo sudah lakukan penutupusan bekas solderan dengan JET MELD, atau bisa pakai lem EPOXY atau pakai LEM PVC supaya kuat dan tidak karat. demikian share semoga membantu. Rohmat Cibitung

    BalasHapus
  9. Kalau beli yang baru harga nya berapa ya???

    BalasHapus