Pages

Konten

Sabtu, 03 Maret 2012

Prinsip Kerja Mesin 4 Tak

Mesin 4 tak adalah mesin pembakaran dalam dengan empat kali langkah torak/piston (dua kali putaran engkol) menghasilkan satu langkah kerja.


  1. Langkah Hisap : Pada langkah hisap posisi piston berada pada posisi Titik Mati Atas (TMA) dan berakhir di Titik Mati Bawah (TMB), posisi katup masuk terbuka dan katup tertutup sehingga campuran udara dan bahan bakar masuk melalui katup masuk.
  2. Langkah Kompresi : Piston bergerak dari TMB ke TMA, posisi kedua katup dalam kondisi tertutup,sekitar 10 derajat sebelum TMA busi memercikan bunga api dan mulai proses pembakaran.
  3. Langkah Ekspansi : Dimulai saat piston pada posis TMA dan berakhir sekitar 45 derajat sebelum TMB. Campuran udara dan bahan bakar yang telah dikabutkan mempunyai tekanan tinggi akibat langkah kompresi menekan piston turun dan memaksa engkol berputar. Ketika piston mencapai TMB, katup buang membuka untuk memulai langkah buang dan menurunkan tekanan silinder untuk mulai langkah pembuangan.
  4. Langkah Buang : Dimulai ketika piston mencapai TMB. Ketika katup buang membuka, piston mendorong gas sisa pembakaran melalui saluran buang menuju knalpot hingga piston mencapai TMA. Bila piston telah mencapai TMA, katup masuk terbuka dan katup buang tertutup, dan siklus dimulai lagi.

0 komentar:

Poskan Komentar