Pages

Konten

Jumat, 16 September 2011

Kopling Hidrolik pada Motor

kopling hidrolik universal
Pada dasarnya kopling yang dipergunakan pada motor menggunakan sistem mekanik yaitu berupa kabel untuk menarik stut kopling. kelemahan sistem kopling mekanik ini adalah mudah putus karena umur pakai atau korosi pada kabel, ayunan tuas kopling kadang berat karena kabel kopling jarang dilumasi. Pada motor berkapasitas besar umumnya menggunakan kopling dengan sistem hidrolik yaitu fluida (cairan) sebagai pendorong pegas kopling. Cara kerja sistem ini mirip dengan cara kerja rem cakram. Pada sistem kopling hidrolik menggunakan master kopling ( pada sistem rem disebut master rem), apabila tuas kopling ditarik, fluida akan mengalir melalui selang kopling menuju silinder kopling yang nantinya akan mendorong pegas kopling. Keunggulan sistem kopling hidrolik adalah
bebas perawatan karena menggunakan fluida, jadi tidak perlu melumasi kabel kopling seperti sistem mekanik, transfer tenaganya juga lebih efisien sehingga kopling tidak akan keras saat ditarik.
Di Indonesia, modifikasi menggunakan kopling hidrolik dilakukan dengan membuat dudukan master kopling bawah pada bak kopling karena pendorong pegas menggunakan silinder pada kaliper rem. sedangkan untuk master koplingnya menggunakan master kopling eks moge atau master rem kiri skutik. Karena merupakan hasil modifikasi, tentunya kopling hidrolik ini mempunyai kekurangan yaitu saat mesin panas biasanya karet-karet seal pada silinder akan memuai, hal ini berakibat sulit untuk pindah gigi karena kerapatan silinder untuk menekan pegas kopling berkurang, selain itu biaya pembuatannya yang relatif mahal.
Kini telah ada kopling hidrolik universal yang dapat digunakan untuk semua jenis motor yang memakai kopling. Kopling ini hampir sama dengan kopling mekanis yang menggunakan kabel untuk menarik stut kopling, bedanya kopling ini menggunakan fluida untuk menarik stut kopling.Pada saat tuas kopling  ditarik fluida akan terdorong menuju sleeve sylinder yang nantinya akan menarik stut kopling. Harga kopling hidrolik universal tanpa merk ini berkisar 500 ribuan berupa master kopling, selang dan sleeve sylinder.

8 komentar:

  1. klo di luar pulau jawa berkisar berapa harganya Gan,,,khusus kalimantan??????

    BalasHapus
  2. harga mengikuti ongkos kirim bro..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kira2 tuk mtor karisma bisa tdk y gan dipasang?,tq.

      Hapus
  3. Nih Link jualan Kopling Hidrolik di Kaskus.co.id :
    http://www.kaskus.co.id/post/519bfc8b1dd7197a04000005/1#post519bfc8b1dd7197a04000005

    BalasHapus
  4. Saya juga mau...
    tak tau hrs cari dimana!
    Di Denpasar susah betul cari itu barang..

    BalasHapus
  5. Klo servis hidrolik yg di handle nya ada ngak ya om tempat bengkel servisnya???
    Misalnya bocor gt....πŸ™πŸΏπŸ™πŸΏπŸ™πŸΏ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya harus dikanibal bro..harus dibuka dulu lihat dalemnya trus dicocokin sama yg ada di pasaran..

      Hapus